post

Cara Merawat Kulit Berminyak: 4 Hal yang Wajib Dilakukan

Cara merawat kulit berminyak – Hidup di negara tropis seperti Indonesia sedikit menyulitkan bagi pemilik wajah berminyak. Pasalnya, perawatannya jadi jauh lebih susah.

Tapi mau bagaimana, tak mungkin merubah iklim Indonesia. Satu-satunya cara ya dihadapi saja. Dengan apa? Melakukan perawatan kulit berminyak dengan tepat.

Berikut akan dijelaskan segala hal terkait kulit berminyak. Mulai dari penyebab, ciri-ciri, pencegahan dan tentunya cara perawatannya.

Penyebab Minyak Di Wajah Berlebih

Di daerah tropis, kulit berminya banyak dialami oleh perempuan berusia 20 tahunan. Namun, mereka yang berusia 30-40 tahunan juga bisa mengalaminya.

Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif. Sehingga produksi sebum (minyak) terjadi secara berlebihan.

Minyak berlebih pada kulit akan menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan bakteri. Sehingga menimbulkan jerawat serta radang atau infeksi. 

Aktifnya kelenjar minyak disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Berikut penjelasan rincinya.

Faktor Internal

  1. Genetik. Anak yang terlahir dari orang tua dengan jenis kulit berminyak memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki jenis kulit yang sama.
  2. Hormonal. Saat menstruasi, hamil, stress, dan banyak bergerak bisa menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif.  

Faktor Eksternal

  1. Keadaan lingkungan. Jika udara terlalu panas atau terlalu lembab kemungkinan kulit bisa jadi lebih berminyak.
  2. Makanan. Hindari makanan pedas, asin, berminyak, panas, dan berbumbu menyengat. Makanan-makanan tersebut dapat merangsang keluarnya keringat dan minyak pada kulit.

Ciri-Ciri Kulit Berminyak

Setiap jenis kulit membutuhkan perlakuan khusus yang berbeda-beda. Karenanya mengetahui jenis kulit sangatlah penting. Jangan sampai salah langkah karena akibatnya bisa fatal. Nah, untuk mengetahui kulitmu berminyak atau tidak bisa dilihat dari ciri-cirinya. Apa saja?

  1. Minyak di daerah hidung, dagu, dan dahi tampak berlebihan.
  2. Kulit wajah tebal
  3. Pori-pori besar. Menyebabkan kotoran dan sisa kosmetik mudah diserap oleh kulit. Akibatnya lubang pori tersumbat.
  4. Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat.
  5. Tampilan kulit berkilat
  6. Riasan wajah seringkali tidak melekat dengan baik dan mudah luntur.

Kulit Wajah Berminyak: Ada Kelebihannya?

Minyak pada kulit bukanlah hal buruk. Secara alami ia berfungsi sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari, bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik, serta polusi. Kulit berminyak juga tidak mudah mengalami kerutan.

Jadi perlu dipahami. Merawat kulit berminyak bukan berarti membuat kulit benar-benar bebas minyak. Prinsipnya, produksi minyak hanya perlu dijaga agar berimbang. Kulit juga harus selalu dalam keadaan bersih.    

Cara Merawat Kulit Berminyak

Perawatan kulit berminyak adalah hal yang perlu dilakukan secara terus-menerus. Kamu tak bisa mendapatkan hasilnya secara instan. Perawatan dari luar juga perlu diimbangi dengan perawatan dari dalam.

Oleh karena itu, 4 hal berikut wajib kamu lakukan sebagai cara merawat kulit berminyak.

1. Menjaga Pola Makan

Sudah jelas, makanan bisa menjadi faktor pemicu kerja kelenjar minyak. Karenanya kamu perlu mengatur pola makanan. Hindari makanan yang dapat merangsang keluarnya keringat dan minyak secara berlebihan. Langkah ini merupakan langkah perawatan kulit berminyak dari dalam.

2. Menggunakan Produk Kosmetik dan Skin Care yang Tepat

Saat ini, produk kosmetik dan skin care adalah barang penting. Hampir semua orang membutuhkannya. Selain sebagai perawatan juga sebagai penunjang penampilan.

Tapi perlu hati-hati. Kamu wajib menggunakan kosmetik dan skin care yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Baca benar-benar informasi produk sebelum memutuskan membeli dan memakainya.

Produk yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang bebas minyak dan alkohol. Bahan dasarnya air dan mengandung astringen. Berlabeb non-comedogenic.  

3. Selalu Menjaga Kebersihan Kulit

Kotoran yang dibiarkan akan bercampur dengan minyak di lubang pori-pori. Jika tak segera dibersihkan akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Cucilah wajah sehari dua kali. Setiap pagi dan sebelum tidur. Setelah berkegiatan dari luar dan menggunakan riasan wajah juga perlu mencuci wajah.

Tak sekedar membersihkan dengan air saja. Pakailah pembersih wajah yang bisa mengangkat minyak berlebih.

Bisa juga menggunakan pembersih wajah yang mengandung peeling srub. Gunanya untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah yang dapat menyumbat pori-pori.

4. Perawatan dengan Bahan Alami Bisa Jadi Pilihan

Menggunakan bahan alami bisa jadi pilihan. Jika kamu tak terbiasa dengan produk-produk berbahan kimia. Ada banya produk kecantikan herbal yang tersedia di pasaran.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri jika mau. Bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah seledri dan apel.

Selederi mengandung vitamin C dan A yang dapat mengurangi timbulnya minyak pada kulit wajah. Rendam seledri secukupnya dalam air panas. Biarkan sampai dingin kemudian masukkan ke dalam kulkas. Air rendaman seledri bisa kamu gunakan untuk mencuci wajah.

Apel juga mengandung banyak vitamin C. Blender apel sampai halus tanpa air. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Perlu diingat. Bahan alami memang memiliki sedikit efek samping. Tapi bukan berarti semua orang cocok menggunakannya. So, pintar-pintarlah membaca. Jika timbul rasa gatal dan merah pada kulit penggunaan bahan alami perlu kamu hentikan.

Kesimpulan

Kulit berminyak memang sering jadi masalah. Penyebabnya karena kelenjar minyak aktif memproduksi sebum atau minyak secara berlebih. Pemicunya bisa karena faktor internal seperti genetik dan homornal. Bisa juga faktor eskternal seperti makanan dan keadaan lingkungan.

Cara merawat kulit berminyak bisa dilakukan dengan 4 cara. Menjaga pola makan. Menggunakan produk kosmetik dan skin care yang tepat. Menjaga kebersihan wajah. Terakhir melakukan perawatan dengan bahan alami.

Perawatan kulit berminyak merupakan usaha yang perlu dilakukan secara terus-menerus. Tak ada hasil instan yang bakalan kamu dapatkan. Jadi, bersabarlah sampai kamu mendapatkan hasil yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *